Awas, Server Pokemon Go Bakal Diserang Hacker Agustus Nanti

Grup hacker PoodleCorp mengklaim sebagai biang kerok down-nya server Pokemon Go kemarin, dan mereka mengaku akan melakukan penyerangan lagi Agustus mendatang.Sekelompokhacker mengklaim bahwa mereka melancarkan serangandistributed denial-of-service (DDoS) pada server Pokemon Go pada 17 Juli kemarin. Grup yang dikenal sebagai PoodleCorp ini mengungkapkan aksi mereka melalui media sosial Twitter, namun klaim dari serangan mereka belum bisa dipastikan benar atau tidaknya.
Akun Twitter tersebut pun me-retweet postingan dari userbernama XO, yang diduga merupakan pemimpin PoodleCorp, mengatakan kalau percobaan tersebut hanyalah percobaan kecil-kecilan dan akan melakukan serangan dengan “skala besar” dalam waktu dekat. Cuitan tersebut didukung oleh akun Twitter PoodleCorp yang juga mem-pin postingan bertuliskan “August 1” dilengkapi dengan tagar “#PokemonGo”, yang sepertinya berperan sebagai peringatan bagi kita, para pemain Pokemon Go, kalau mereka akan melakukan serangan lain di tanggal tersebut.
Berbicara dengan Keemstar dari channel Youtube DramaAlert, XO mengatakan kalau serangan yang akan mereka lancarkan 1 Agustus nanti akan mematikan server Pokemon Go di seluruh dunia selama 24 jam dan juga berfungsi sebagai bukti kalau mereka memang dalang di balik down-nya server kemarin, tanda kalau mereka memang mampu menaklukan sistem keamanan perusahaan ternama seperti Niantic.
Serangan distributed denial-of-service merupakan salah satu cara bagi peretas untuk menyerang dan mematikan server target serangan mereka dengan membanjiri lalu lintas jaringan server sehingga membuatnya tidak bisa bekerja dengan benar dan mengakibatkan pengguna jadi tidak bisa mengakses server yang bersangkutan.
PoodleCorp sendiri sebelumnya mengklaim pernah meretas beberapa akun Youtuber kenamaan, seperti Linus Tech Tips, H3H3 productions, boogie298, dan bahkan PewDiePie. Diduga mereka berhasil mendapat akses ke semua informasi pribadi dan menyerang akun para YouTuber itu bulan lalu melalui informasi kartu SIM yang didapat dari provider telepon Youtuber tersebut. Selain Pokemon Godan Youtuber-Youtuber kenamaan, PoodleCorp juga mengklaim pernah menyerang server game MOBA League of Legends dengan cara yang sama.
Tapi di sisi lain, sejak peluncurannya, Pokemon Go memang selalu diikuti oleh berbagai masalah server. Server langsung down karena tidak sanggup menghadapi banjiran pengguna Pokemon Go dari Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru awal bulan ini. Kemudian server kembali bermasalah saat Niantic meluncurkan game ini di Inggris dan 25 negara Eropa lainnya akhir pekan ini. Dan pagi ini, ketika Kanada akhirnya kedatangan monster-monster virtual tersebut, server kembali bermasalah untuk beberapa saat. Masalah stabilitas server pun mematikan rencana Niantic untuk merilis global Pokemon Go secara serentak.
Entah apakah klaim PoodleCorp atas serangannya kemarin maupun rencananya untuk tanggal 1 Agustus mendatang benar atau tidak, tapi demam Pokemon Go yang melanda seluruh dunia ini pastinya merupakan momen yang menarik bagi para hacker yang sedang mencari nama. Buat kita sendiri dan para trainer Pokemon lainnya? Hmm kalau memang benar, mungkin tanggal 1 Agustus nanti bisa jadi waktu kita istirahat sejenak dari Pokemon Go, ya. Biar nggak melototin smartphone terus!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian DOS , UNIX , LINUX , Microsoft Windows , Dan Apple / Machintos

Deface Website Menggunakan SQLMAP

Tutorial Deface Menggunakan Sql Lokomedia ( NEW )